Biografi Bung Karno Secara Singkat

Pembahasan mengenai biografi Bung Karno yang merupakan tokoh proklamasi kemerdekaan dan sekaligus presiden pertama Republik Indonesia. Bung Karno ialah nama popular dari Soekarno. Lahir pada 6 Juni 1901 di Blitar, Jawa Timur. Saat Soekarno kecil, dia tidak tinggal dengan orang tuanya yang ada di Blitar. Dia tinggal dengan kakeknya yang bernama Raden Hardjokromo di Tulung Agung, Jawa Timur. Soekarno bahkan juga sudah sempat mengenyam sekolah dari sana walaupun tidaklah sampai tuntas, sebab mesti turut dengan orang tuanya yang pada saat itu geser ke Mojokerto.

biografi bung karno

Di Mojokerto, Soekarno lalu disekolahkan di Eerste Inlandse School di mana ayahnya pun kerja disana menjadi guru. Namun lalu dia dipindahkan pada tahun 1911 ke ELS yang satu tingkat sekolah basic untuk disiapkan masuk di HBS yang berada di Surabaya. Sesudah tamat serta bersekolah di HBS tahun 1915, Soekarno lalu tinggal di dalam rumah Haji Oemar Said Tjokroaminoto atau HOS Cokroaminoto yang disebut teman dekat dari bapak Soekarno. Darisanalah Soekarno kenal dengan dunia perjuangan yang membuat jadi pejuang sejati. 

Pada tanggal 17 Agustus 1945, Soekarno serta Mohammad Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia dari penjajahan Jepang di mana pada tanggal ini pula diperingati menjadi Hari Kemerdekaan Indonesia yang membuat Soekarno diangkat jadi presiden pertama Indonesia. Dalam biografi Soekarno, dia sukses membuat pancasila dengan timnya menjadi basic negara Indonesia.

Baca Juga: Biografi Pangeran Diponegoro

Dengan proklamasi kemerdekaan ini pula membuat kawannya Mohammad Hatta dinobatkan menjadi wapres pertama Indonesia mengikuti Soekarno. Di luar figurnya menjadi Bapak Bangsa Indonesia, sedikit orang yang tahu bila Soekarno sempat menikah sekitar sembilan kali. Kharisma yang mengagumkan dipunyai oleh Soekarno lewat pembicaraan orang – orang yang dekat dengannya membuat wanita cantik terkesima dan jadikan istri Soekarno. 

Beliau tertarik dengan wanita simpel serta sopan. Salah satunya istrinya Fatmawati sempat menanyakan pada presiden Soekarno tentang wanita yang berpenampilan seksi. Beliau menjawab jika wanita yang penampilannya sopan serta simpel lebih menarik serta lebih dia gemari. Menurut Soekarno kecantikan seseorang wanita tampak dari keaslian, papar bahasanya, sikapnya serta kesederhanaan yang terpancar dari dalam dianya. 

Itu biografi Soekarno yang bisa jadi teladan atas perjuangan semenjak kecil sampai jadi bapak presiden pertama Indonesia yang diketahui dunia. Mudah-mudahan biografi Soekarno ini bisa berguna serta membuat kamu semakin kagum pada figur bapak presiden pertama kita ya.

Sekian tahun dijajah oleh beberapa penjajah, selanjutnya Indonesia juga dapat mengumandangkan kemerdekaan. Kemerdekaan Indonesia yang bersamaan dengan tanggal 17 Agustus beberapa puluh tahun yang lalu pasti akan tidak dapat dilepaskan dari layanan beberapa pahlawan yang sudah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia ini. Salah satunya pahlawan pemberani yang namanya tidak pernah dapat dilepaskan dari bagian kemerdekaan negeri ini ialah Ir Soekarno. 

Artikel Menarik: Biografi Mohammad Hatta

Proklamator sekaligus juga Presiden Indonesia yang pertama ini memang memberi sangat banyak dampak sampai pada akhirnya Indonesia dapat merdeka. Menjadi bangsa yang menghormati pahlawannya, sebaiknya kita dapat tahu biografi Soekarno, Sang Proklamator.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Biografi Bung Karno Secara Singkat"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.